Kisah Sedih Dibalik Lagu "Hymne Guru"

Posted by Blogger Kesepian On Wednesday, November 30, 2011 0 KOMENTAR
بسم الله الرحمن الرحيم 

Siapa yang tak kenal lagu ini lirik hymne guru berjudul “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa“? Masih terngiang betapa di era 1980-an, lagu ini sangat sering dinyanyikan di sekolah-sekolah. Sebab setiap upacara bendera pada hari Senin, lagu ini selalu dinyanyikan.

Istilah “pahlawan tanpa tanda jasa” bahkan kemudian menjadi ikon yang disematkan kepada para guru. Siapa sangka bila “sang pahlawan” yang tanpa tanda jasa itu sejatinya dialami si pencipta lagu tersebut. Ya, Sartono, pencipta lagu yang juga guru itu di masa senjanya hidup dalam kesederhanaan. Laki- laki asal Madiun yang genap berusia 72 tahun, 29 Mei ini, tinggal rumah sederhana di Jalan Halmahera 98, Madiun. Sejak ia mengajar musik di SMP Purna Karya Bhakti Madiun pada 1978, hingga “pensiun” pada 2002 lalu, Sartono tetap menyandang guru honorer. Ia tak punya gaji pensiunan, karena statusnya bukan guru Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kawan-kawan sesama guru sempat membantu mengajukan dia menjadi PNS. “Katanya sih sering diajukan nama saya, tetapi sampai saya pensiun dari tugas sebagai guru, PNS untuk saya kok tidak datang juga,” kata Sartono.

Sartono memang minder dengan latar belakang pendidikannya yang tak tamat SMA. Ia mengajar di SMP Purna Karya Bhakti, yang belakangan lebih dikenal sebagai SMP Kristen Santo Bernadus, berbekal bakatnya di bidang musik. Sartono yang beragama Islam itu melamar di Santo Bernadus berbekal sertifikat pengalaman kerja di Lokananta, perusahan pembuat piringan hitam di Solo, Jawa Tengah.

Hidup serba dalam kesempitan, tak membuat Sartono meratapi nasib. Ia merasa terhibur, dengan kebersamaan dengan Damiyati, BA, 59 tahun, isterinya yang guru PNS. Damiyati dinikahi Sartono pada 1971. Dari pernikahan mereka belum jua dikaruniai anak. Sehingga mereka mengasuh dua orang keponakan. Damiyati yang juga guru, juga seniman biasa manggung bersama Ketoprak Siswo Budoyo Tulungagung, di masa mudanya.

Kehidupan sehari-harinya kini hanya dari pensiun istrinya yang tak lebih dari dari Rp 1 juta. Sartono sendiri kala masih aktif mengajar, gajinya pada akhir pengabdiannya sebagai guru seni musik cuma Rp 60.000 per bulan. “Gaji saya sangat rendah, bahkan mungkin paling rendah diantara guru-guru lainnya,” katanya mengenang masa lalunya.

Kala masih kuat, Sartono menambal periuk dapurnya dengan mengajar musik. Sepekan sekali, Sartono yang pandai bermain piano, gitar, dan saksofon, ini rutin mengajar kulintang di Perhutani Nganjuk, sekira 60 kilometer dari rumahnya di Madiun.

BERMULA DARI LOKANANTA

Jalan menjadi guru berawal dari kegemarannya bermain musik. Putra sulung dari lima bersaudara ini sebenarnya lahir dari keluarga cukup berada. Maklum, ayahnya R. Soepadi adalah Camat Lorog, Pacitan. Sartono kecil memang suka bermain musik secara otodidak. Namun, hidup nyaman tak bisa dirasakan berlama-lama. Ketika ia berusia 7 tahun, Jepang menduduki Indonesia. Ayahnya pun tak lagi menjabat camat.

Sartono, bersama empat adiknya, Sartini, Sartinah, Sarwono dan Sarsanti, tak bisa mengenyam pendidikan tinggi. Ia sendiri putus sekolah kala kelas dua di SMA Negeri 3 Surabaya. Ia kemudian bekerja di Lokananta, perusahaan rekaman dan produsen piringan hitam. “Saya Lupa tahun berapa itu, tapi saya hanya bekerja selama dua tahun saja,” kata Sartono, yang mengaku sudah susah mengingat tahun.

Selepas kerja di Lokananta, Sartono bergabung dengan grup musik keroncong milik TNI AU di Madiun. Ia bersama kelompok musik tentara itu pernah penghibur tentara di Irian. “Di sana selama tiga bulan,” jelasnya.

DARI SECARIK KORAN

Ihwal penciptaan lagu himne guru itu boleh dibilang tak sengaja. Ketika itu, tahun 1980, Sartono tengah naik bis menuju Perhutani Nganjuk, untuk mengajar kulintang. Di perjalanan, secara tidak sengaja ia membaca di secarik koran, mengenai sayembara penciptaan lagu himne guru yang diselenggarakan Depdiknas. Hadiahnya besar untuk saat itu, Rp 750.000. Waktu yang tersisa dua pekan, untuk merampungkan lagu.

Sartono yang tak bisa membaca not balok ini, mulai tenggelam dalam kerja keras mengarang lagu saban harinya. “Saya mencermati betul seperti apa sebenarnya guru itu,” jelas Sartono sambil memulai membuat lagu itu.

Waktu sudah mepet, lagu belum juga jadi. Sartono pusing bukan kepalang. Syairnya masih amburadul. Pada hari pertama Hari Raya Idul Fitri, Sartono tidak keluar rumah. Ia bahkan tak turut beranjang sana mengantar istri dan dua keponakannya silaturrahmi ke orangtua dan sanak famili. “Saat itu kesempatan bagi saya untuk membuat lagu dan syair secara serius,” katanya. “Waktu itu saya merasa begitu lancar membuat lagu dan menulis syairnya.”

Awalnya, lirik yang ia ciptakan kepanjangan. Padahal, durasi lagu tak lebih dari empat menit. Sartono pun berkali- kali mengkajinya untuk mengetahui mana yang harus dibuang. “Karena panjang sekali, maka saya harus membuang beberapa syairnya,” jelas Sartono. Hingga muncullah istilah “pahlawan tanpa tanda jasa.”

“Guru itu juga pahlawan. Tetapi selepas mereka berbakti tak satu pun ada tanda jasa menempel pada mereka, seperti yang ada pada polisi atau tentara,” katanya.

Persoalan tak begitu saja beres. Lagu ada, Sartono kebingungan mengirimnya ke panitia lomba di Jakarta. Sebab ia tidak punya uang untuk biaya pengiriman via pos. “Akhirnya saya menjual jas untuk biaya pos,” katanya. Sartono menang. “Hadiahnya berupa cek. Sesampainya di Madiun saya tukarkan dengan sepeda motor di salah satu dealer,” kata Sartono.

PENGHARGAAN MINIM

Lagunya melambung, Sartono tidak. Sang pencipta tetap saja menggeluti dunia mengajar sebagai guru honorer hingga “pensiun.” Kalaulah ada penghargaan selain hadiah mencipta lagu, “cuma” beberapa lembar piagam ucapan terimakasih. Nampak piagam berpigura dari Gubernur Jawa Timur Imam Utomo yang diberikan pada 2005. Pak Gubernur juga memberikan bantuan Rp 600.000, plus sebuah keyboard.

Piagam lainnya diberikan Menteri Pendidikan Nasional Yahya Muhaimin pada 2000. Kemudian piagam dari Menteri Pendidikan Nasional Bambang Soedibyo pada 2005, plus bantuan uang. “Isinya enam ratus ribu rupiah,” kata Sartono.

Tahun 2006 lalu, giliran Walikota Madiun yang dalam sepanjang sejarah baru kali ini memberikan perhatian kepadanya. “Pak Walikota menghadiahi saya sepeda motor Garuda,” kata Sartono seraya menunjuk sepeda motor pemberian Walikota Madiun.

Meski minim perhatian, Sartono tetaplah bangga, lagunya menjadi himne para guru. Pekerjaan yang dilakoninya selama 24 tahun. Pengabdian yang tak pendek bagi seorang pahlawan tanpa tanda jasa.

 
 
Sumber: http://kotakhitamdunia.blogspot.com/2011/11/kisah-tragis-dibalik-lagu-hymne-guru.html#ixzz1fCrbYQEJ
Selanjutnya...

Inilah Alasan Para SuperHero Kenapa Mereka Pada Jarang Online

Posted by Blogger Kesepian On 0 KOMENTAR
بسم الله الرحمن الرحيم 

Inilah Alasan Para Superhero Jarang Online,apalagi Facebookan.Mereka tidak sanggup gan,,bukan gak terlalu sibuk..Penasaran?Coba cek langsung aja gan..

 
 
Sumber: http://kotakhitamdunia.blogspot.com/2011/11/inilah-alasan-para-superhero-jarang.html#ixzz1fCp1b5Xq

Selanjutnya...

5 Motivasi Hidup Dari Dunia Lain (setannn)

Posted by Blogger Kesepian On 0 KOMENTAR
بسم الله الرحمن الرحيم 


1. Belajarlah dari Kuntilanak
Sesulit apapun hidup selalu tertawa.
karena hidup tak kan pernah sulit jika kita ikhlas tuk menjalaninya.

2. Belajarlah dari Tuyul
Biarpun masih kecil tuyul kreatif dalam mencari ide
dan dah bisa cari dwit sendiri.

3. Belajarlah dari Pocong
Dari dulu pakaiannya itu² aja, Hidup sederhana.
tidak perlu berlebihan dalam hidup dan jangan lupa selalu bersyukur.

4. Belajarlah dari Babi ngepet
Kalo malem cuman pakek lilin, Hemat listrik.
Pemerintah sedang menggalakkan hemat listrik,
jadi sebagai warga negara yang baik harus ikutan..
hehehehheheeee….

5. Belajarlah dari Jailangkung
Hidup mandiri, berangkat nggak di jemput,
pulang nggak di anter.
Selama kita bisa sendiri kenapa harus minta tolong….???
Benar nggak ??? Hehe

Kalau postingan di atas menarik tolong di Share ke teman2 yah.. Makasih :)

Sumber: http://kotakhitamdunia.blogspot.com/2011/11/5-motivasi-hidup-dari-dunia-lain.html#ixzz1fCnUomPD
Selanjutnya...

Ajaib, Sumber Air yang Tiba-tiba Keluar dari Lantai Masjid

Posted by Blogger Kesepian On 0 KOMENTAR
بسم الله الرحمن الرحيم 
Ratusan warga memenuhi Mesjid BTN Ampi Permai, Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Sebagian warga mengambil air menggunakan jeriken atau galon, karena percaya bisa menyembuhkan beragam penyakit.

Tak jelas sumber airnya berasal dari mana tiba-tiba saja keluar melalui lantai mesjid. Sejumlah warga percaya, semburan air yang muncul di tengah mesjid bisa menyembuhkan beragam penyakit kulit, meski belum melalui penelitian ilmiah.

Semburan air yang tiba-tiba membanjiri mesjid, muncul pertama kali persis di tengah-tengah rumah ibadah itu. Tegel mesjid yang sebelumnya tampak rapi, terbongkar dan acak-acakan.

Jumlah titik air terus bertambah, hingga akhirnya seluruh lantai mesjid dipenuhi semburan air yang belum dikatehui asal usulnya. Semburan air yang muncul sejak warga akan beribadah shalat Subuh di mesjid itu, langsung menghebohkan warga BTN Ampi Permai.

Warga dari luar kompleks BTN Ampi yang penasaran dengan munculnya semburan air itu pin berdatangan, selain para penghuni BTN Ampi sendiri.

Sejumlah warga yang percaya air itu membawa berkah, berebutan mengumpulkan air menggunakan jeriken, galon, atau botol plastik untuk wadah penampungan.

Sejumlah warga dan anak-anak bahkan menyempatkan mandi di mesjid. Anak-anak pun tampak bergembir dan bermain air di tengah dan pekarangan mesjid.

Irma, ibu rumah tangga di BTN Ampi, percaya air yang muncul di tengah mesjid tidak hanya layak diminum seperti air biasa, tetapi juga diyakini bisa jadi obat beragam penyakit seperti gatal-gatal, rematik. Meski belum terbukti secara ilmiah namun warga percaya air ini mujarab.

"Airnya bisa diminum langsung dan rasanya enak, lebih enak dari air kemasan galon" ujar Irma.

Irma juga yakin air ini bisa menyembuhkan peyakit, tak heran jika ia lalu mengumpulkan air bukan untuk diminum tapi akan dijadikan obat.

Sebagian warga lainnya datang ke lokasi hanya untuk menyaksikan kabar yang kini mulai jadi buah bibir di tengah masyarakat Polewali. Diperkirakan, jumlah warga yang yang akan mendatangi lokasi akan semakin bertambah seiring makin tersebarnya kabar munculnya semburan air itu.

Sejumlah warga di lokasi mengaku kaget dan heran air tiba-tiba muncul di tengah mesjid padahal di lokasi tidak ada jaringan pipa PDAM. Hingga kini pemerintah setempat belum turun tangan untuk memeriksa darimana sal usul air yang tiba-tiba menyembur di tengah mesjid.

Kepala Kelurahan Takatidung, Polewali, Sudibyo, menyatakan, belum mengetahui asal usul air yang menyembur di mesjid warga."Bayka warga yang menhambil air. Saya sendiri tadi sempat minum dan mengusapkan ke badan yang terasa sakit. Alhamdullillah teras lebih ringan, " ujar Sudibyo.

 
 
Sumber: http://kotakhitamdunia.blogspot.com/2011/11/sumber-air-yang-tiba-tiba-keluar-dari.html#ixzz1fCkN3ZEY
Selanjutnya...

Ini dia Sang Masked Magician Val Valentino

Posted by Blogger Kesepian On 0 KOMENTAR
بسم الله الرحمن الرحيم 

 

KITA sudah melihat aksinya membongkar trik pesulap tanah air di TV, Sabtu (26/11) malam.

Pesulap yang menamai dirinya Masked Magician itu, karena selalu mengenakan topeng, kerjanya ya mengungkap rahasia trik para pesulap. Ia pakai topeng untuk menutupi identitasnya.

Lewat acara Mahakarya Magician Masked Magician Vs. The Masters di RCTI semalam, kita juga melihatnya membuka topengnya. Kita melihat wajahnya, seorang pria paruh baya dan tahu namanya Val Valentino.

Tapi benarkah identitas sang pesulap bertopeng ini baru terungkap semalam?

Rupanya tidak. Sejak 2009, dari sebuah artikel berita di koran Las Vegas Sun, Masked Magician sudah mengungkap identitas Val Valentino sang Masked Magician.


Pria berusia 54 tahun itu tinggal di Los Angeles. Sejak 1998, ia memandu acara sulap yang isinya justru mengungkap rahasia trik sulap bertajuk “Breaking the Magician's Code: Magic's Biggest Secrets Finally Revealed” di jaringan TV Fox, AS.

Sejak pertama tayang program acara membongkar rahasia sulap itu jadi hit. Tidak hanya di Amerika tapi juga di berbagai negara, termasuk Indonesia.

“Sejak acara itu sukses, saya tur ke seluruh dunia,” kata Valentino. “Saya ke Brasil, tampil di hadapan 15 ribu orang, juga ke Jepang dan membuat acara TV di sana selama beberapa tahun.”

Pada 2009, Masked Magician kembali ke layar kaca dalam episode baru berjumlah 13 episode. “Kami mengungkap 120 trik sulap,” jelasnya. Di antara trik yang diungkap rahasianya adalah menembus tembok, trik dipotong-potong, diangkat di udara, hingga menghilangkan gajah dari pandangan.

Valentino sudah menekuni dunia sulap sejak usia 12 tahun, tampil di acara ultah. Pada 1986, Valentino muncul jadi pesulap di acara The Merv Griffin Show. Valentino kemudian diundang untuk tampil di Las Vegas.

Ketika stasiun Fox menawarinya acara membongkar trik sulap, Valentino awalnya menolak. “Banyak pesulap lain menolak. Saya juga menolaknya beberapa kali. Tapi beberapa pesulap senior merasa perlu ada pesulap yang malakukan hal ini—tapi tak ada yang melakukannya,” jelas Valentino.

Ia akhirnya menerima tawaran itu.

Ia ingat langkahnya mengungkap rahasia sulap awalnya mengundang kontroversi. “Saya merasa karier saya sudah berakhir. Tapi waktu itu, ini adalah langkah yang tepat untuk menolong pesulap,” katanya.

Menolong dunia sulap? Maksudnya?

“Banyak yang mengira dunia sulap akan kacau selamanya (karena saya),” ujarnya. “Tapi yang terjadi sebaliknya. Justru makin bergairah.”

Ia menjelaskan lebih jauh,”Saat seseorang tahu trik sulap, sebetulnya orang itu tak tahu seluruh triknya. Sulap sesungguhnya terletak pada bagaimana sang pesulap menampilkan triknya. Seseorang bisa menghilangkan koin dengan 20 cara berbeda. Semakin banyak orang tahu rahasia sulap, kian banyak yang ingin melakukannya—dan biasanya orang awam tetap tak mampu.”

Valentino mengatakan, yang dilakukannya justru memperluas daya tarik sulap, menciptakan generasi pesulap baru dan menantang para pesulap yang sudah mapan untuk meningkatkan kemampun mereka.

Hal itu terlihat dalam aksi beberapa hari yang lalu. Usai Masked Magician mengurai rahasia Deddy Corbuzier, misalnya ketika mengungkap trik sendok bengkok dan prediksi, Deddy melakukan aksi serupa dengan trik yang lebih rumit.


“Dengan mengungkap rahasia itu, pesulap jadi terdorong untuk mencari ide-ide baru, konsep baru, dan akan semakin maju,” jelasnya.

Ia tak merasa bersalah telah membuka rahasia sulap. “Internet telah menciptakan generasi baru pesulap yang jauh berbeda. Berbagai video rahasia trik sulap banyak muncul di You Tube.”

Sejak acara sulapnya tamat, Valentino berkonsentrasi ke berbagai proyek lain, terasuk mendirikan sekolah sulap, membagi rahasia sulap pada generasi baru, bernama The Masked Magician’s Academy of Mystical Arts di Las Vegas. Ia juga menjadi konsultan bagi komik Masked Magician yang mungkin bakal menjadi film atau serial TV.



Sumber: http://kotakhitamdunia.blogspot.com/2011/11/siapa-sesungguhnya-val-valentino-sang.html#ixzz1fCeJl0Ru
Selanjutnya...

Ciri-ciri Payudara Cewek Sudah Pernah dipegang Atau pun Belum

Posted by Blogger Kesepian On 3 KOMENTAR
Ilustrasi

 DISEPUTAR - Peranan buah dada memang banyak, bukan sekedar menggoda nafsu lelaki saja, tapi buah dada sebagai bukti kalau gadis itu pernah disentuh atau tidak. Buah dada gadis yang belum pernah kena sentuh, senantiasa tegang. Tetapi kalau sudah kena sentuhan, buah dada itu tegangnya berkurang dan membesar sedikit dari pada ukuran asalnya, lebih kerap disentuh, lebih kendur. Perhatikan gadis disaat berjalan atau berlari, bergerak2 dan melambai jatuh (ke bawah) dan berbuai sekali berarti ketegangan sudah hilang. Kalau belum kena sentuhan, walaupun buah dada berbuai disaat berlari tetapi buaiannya tidak terlalu melambai2 berarti ketegangan masih ada.

Puting buah dada yang pernah kena sentuhan menjadi panjang dan terjojol (keluar) sedikit dari tempat persembunyiannya. Buah dada yang selalu kena remas akan menjadi lebih besar, dan jangan menuduh gadis yang berbuah dada besar berarti dadanya sering remas. Sebab, buah dada yang besar kena remas dan yang besar karna alami memang berbeda.

Buah dada yang kena remas menjadi besar tetapi tidak tegang. Sementara buah dada yang besar karna alami senantiasa tegang dan disaat berjalan tidak bergoyang, kalau yang kena remas bergoyang terbuai-buai seperti telinga gajah, berbuai kekiri, kekanan, keatas, kebawah terkadang melambung2 ketika gadis itu berjalan atau berlari.

Mengapa buah dada bila kena sentuhan bisa jatuh dan apa hubungan telapak tangan dengan otot buah dada? Di kala buah dada itu dipegang atau diremas2 gadis merasa gairah, disaat bergairah hormon2 akan mengisi ruang buah dada sehingga menjadi tegang. Setelah bergairah buah dada yang tegang lalu mengendur yang membuat ototnya mengendur pula. Buah dada yang kena hisap putingnya menjadi lebam, yang belum kena hisap putingnya berwarna merah jambu. Sekiranya gadis itu tidak perawan, buah dadanya jatuh terjuntai seperti buah pepaya yang terjuntai di pohon.

Pada buah dada memang mengandung seribu tanda tanya, termasuk mengetahui wanita yang sudah punya anak atau belum. Perhatikan putingnya kalau tegangnya menghala ke atas yaitu mendangak ke atas berarti wanita itu sudah pernah melahirkan, kalau putingnya senantiasa terjojol keluar dan mendangak ke atas berarti wanita itu sudah pernah melakukan hubungan badan, tetapi belum pernah beranak. Namun payudara sering kali dianggap sebagai simbol seks, sebagian besar wanita dan lelaki sangat menyukai buah dada disaat melakukan hubungan sexsual, karena mereka dapat mencapai organsme (kenikmatan) hanya karena rangsangan buah dada.

Seorang gadis jika telah dewasa, kecil kemungkinan ukuran payudaranya berubah, kecuali bila berat badannya bertambah. Pembengkakan payudara karena kehamilan, menyusui atau pengaruh pil kontrasepsi adalah bersifat kondisional. Postur tubuh yang baik akan membentuk payudara nampak lebih besar. Coba tanyakan, apakah ia senang payudaranya disentuh atau tidak? Sebagian besar wanita memiliki puting payudara yang sangat sensitif sebagian lainnya tidak, mereka mungkin ingin payudaranya disentuh atau mungkin tidak.

Tetapi umumnya wanita menyukai sentuhan lembut dan ciuman pada payudara dan juga pada puting payudara. Payudara dan putingnya akan mengeras apabila dirangsang. Begitulah tanda2 yang paling jelas bila ia terangsang, meskipun tidak semuanya demikian. Tanda2 lainnya adalah lubrikasi (pelendiran) pada liang vagina, kemerah-merahan di dada dan meningkatkan kecepatan denyut jantung dan pernafasan.


Sumber http://kotakhitamdunia.blogspot.com/2011/11/ciri-ciri-p4yud4r4-cewek-sudah-dipegang.html#ixzz1fCZmVTZA
Selanjutnya...

20 Fakta Mengerikan Mengenai Masa Depan manusia dan Bumi

Posted by Blogger Kesepian On Sunday, November 27, 2011 0 KOMENTAR

Bumi kita ini tidak akan bertahan selamanya, sedangkan kita bergantung pada bumi untuk bertahan hidup.  Kita akan binasa semuanya apabila bumi hancur oleh berbagai sebab.  Kedengarannya menakutkan sekali, tetapi kita perlu menyadari bahwa sumber daya bumi terbatas.  Penggunaan sumber daya bumi secara serampangan seperti sekarang ini, bisa menyebabkan kehidupan manusia berakhir dalam kehancuran.
Para ilmuwan berspekulasi mengenai perubahan-perubahan komposisi bumi, apakah itu tentang pemanasan global atau sumber daya mineral yang sudah mulai merosot.  Marilah kita mengamati bagaimana kita secara perlahan namun pasti menuju kepada kehancuran yang dibuat oleh tangan kita sendiri.
Jadi bagaimanakah masa depan kita dan bumi yang kita diami ini? Berikut ini fakta-faktanya:
  1. Pemanasan global adalah satu peristiwa yang tak bisa dielakkan yang mempengaruhi kondisi iklim di bumi.  Badai yang menghancurkan, gelombang air pasang, tsunami dan kelaparan akibat kekeringan akan terus berlanjut meskipun usaha-usaha untuk mengendalikan polusi dan kerusakan lingkungan telah dilakukan.  Bumi berusaha untuk terus eksis dengan melakukan perbaikan alami, tetapi kita manusia akan menerima akibatnya dikarenakan proses perbaikan itu sangat dahsyat dan tidak terkendali.
  2. Peningkatan kecil rotasi bumi diakibatkan ketidakseimbangan isi kandungan perut bumi yang terkuras, bisa mempengaruhi kita dengan berbagai cara.  Banjir dahsyat yang menenggelamkan segalanya, atau gletser-gletser yang menghilang selamanya.  Itu bisa berarti kekurangan air, pangan dan merajalelanya penyakit serta meluasnya kelaparan.  Beberapa spesies hewan dan tanaman menjadi punah.
  3. Terjadinya perubahan pola peruntukan tanah, di mana sekarang lebih banyak orang-orang hidup di kota-kota besar dibanding dengan di daerah pedesaan.  Kota-kota penuh sesak sehingga harus memperluas areal untuk perumahan ke wilayah pedesaan dengan mengorbankan tanah pertanian. Kota besar yang kumuh dan kotor mengganggu kesehatan manusia dan menimbulkan bibit-bibit penyakit baru.
  4. Produksi minyak mengalami peningkatan tahun 2008 dan 2018 akan mencapai puncaknya, dan itu berarti awal dari penurunan.  Ini bisa menjadi pencetus suatu resesi energi global, konflik antar negara yang memperebutkan lahan minyak dan juga sumber makanan.  Minyak sangat penting bagi setiap bangsa untuk melanjutkan aktivitas produksinya, termasuk pertanian dan peternakan.  Kedepannya, menipisnya kandungan minyak di bumi bisa mempengaruhi hidup seluruh manusia di bumi secara signifikan.
  5. Mobil mempunyai andil sebesar 3/4 dari semua gas buang yang dipancarkan alat transportasi.  Sejak saat ini, dunia akan dipenuhi lebih dari satu milyar mobil yang berkeliaran di jalan-jalan di tahun 2030 dan akan bertambah hingga satu milyar lagi di tahun 2050. Hal berhubungan dengan 75% peningkatan CO2 selama setahun di atmosfer berasal dari pembakaran bahan bakar fosil (minyak bumi, gas bumi dan batu bara), sedangkan sekitar 20% CO2 yang memasuki atmosfer bumi berasal dari pembakaran BBM pada mesin-mesin kendaraan bermotor, selebihnya 80% emisi CO2 bersumber dari pembakaran bahan bakar fosil oleh mesin pembangkit tenaga listrik.
  6. Karena peningkatan suhu udara akibat meningkanya kadar CO2, maka sedikit uap air bertahan di udara untuk membentuk awan.  Hal ini berarti hujan akan menjadi lebih sedikit, dan secara langsung berakibat hasil produksi pertanian juga menurun.  Akan terjadi di sekitar tahun 2020 di mana terjadi suatu periode yang sulit dan air bah tiba-tiba meningkat di semua bagian dari benua Eropa, karena mencairnya es di Kutub Utara.  Sedangkan populasi penduduk bumi akan mencapai 7,7 milyar orang.
  7. Sejak Hari Bumi yang pertama tahun 1970 hingga awal millennium baru, manusia telah membuat peningkatan emisi (gas buang) rumah kaca sebesar 70%.
  8. Atmosfer bumi sekarang mengandung 40% lebih banyak CO2 dibandingkan dengan di awal Revolusi Industri.
  9. Hasil pembakaran bahan bakar fosil dewasa ini menambah hampir 6 milyar ton CO2 ke dalam atmosfer bumi setiap tahunnya.  Hanya separuhnya yang diserap oleh hutan-hutan dan samudera.
  10. Hutan hujan pernah meliputi 14% dari permukaan bumi.  Sekarang hanya tersisa sekitar 6% dan menurut perkiraan para ahli hutan hujan yang tersisa itu akan habis dikonsumsi kurang dari 40 tahun.  1 sampai 1,5 hektar hutan hujan lenyap setiap 1 detik sebagai konsekuensi tragis pembangunan di negara-negara industri dan berkembang.
  11. Hampir separuh dari semua jenis flora, fauna dan mikro organisme akan musnah atau pasti terancam kepunahan dalam seperempat abad ke depan disebabkan oleh penebangan hutan-hutan hujan.
  12. Perkiraan para ahli bahwa kita sedang kehilangan 137 jenis tanaman, hewan dan serangga setiap harinya karena penebangan hutan-hutan hujan.  Atau sama dengan 50.000 jenis setiap tahunnya.  Seiring dengan lenyapnya spesies-spesies di hutan hujan, demikian juga dengan berbagai macam pengobatan penyakit-penyakit yang mengancam hidup manusia.  Sekarang ini, 121 obat-obatan yang dijual ke seluruh dunia berasal dari tanaman obat-obatan.  Sementara itu 25% dari perusahaan obat-obatan di Barat mengambil bahan dari ramuan tanaman dari hutan hujan, dan lebih sedikit 1% dari pohon-pohon dan tanaman-tanaman tropis ini telah diuji coba oleh para ilmuwan.
  13. Penebangan hutan yang merajalela sekarang ini menyumbang 20% polusi pemanasan global diakibatkan oleh terhambatnya penyerapan kembali CO2.
  14. Wabah penyakit terus bertambah baik ragam maupun jumlahnya karena polusi udara, air dan tanah meningkat, terutama sekali terjadi di negara-negara dengan pendapatan rendah.
  15. Di tahun 2030 sekitar 18% dari gugusan karang laut akan lenyap karena perubahan iklim dan lingkungan.  Dalam 2030 ini populasi penduduk dunia akan mencapai 8,3 milyar.
  16. Tahun 2040 laut di Kutub Utara akan mengalami musim panas yang pertama tanpa es.
  17. Karena menghilangnya gletser dan terjadi musim kering yang panjang, produksi listrik dari pembangkit listrik tenaga air akan berkurang.
  18. Luas padang pasir di permukaan bumi mengalami peningkatan disebabkan menaiknya suhu bumi.  Pada akhir tahun 2007, Australia kehilangan 25% produksi pangannya karena hal ini.
  19. Kadar karbon monoksida (CO) di atmosfer bumi terus meningkat.
  20. Efek berbahaya dari aktivitas manusia dapat mempengaruhi sistem global dengan cara yang negatif.  Perang, sebagai contoh, dapat menghancurkan bumi dalam berbagai jalan; pembunuhan massal, berkembangnya kelaparan dan penyakit, pembakaran bahan bakar fosil secara besar-besaran oleh mesin-mesin perang, termasuk juga pembabatan hutan dan pengambilan batu-batuan dan tanah untuk perbaikan kembali infrastruktur yang rusak.
Sebuah pertanyaan untuk kita semua; apakah upaya kita untuk ikut membantu kelestarian alam sekarang ini bisa memberi dampak yang berarti dan signifikan, ataukah secara ironi aktivitas kita lainnya malah mempercepat kerusakan dan kehancuran bumi?
Sumber : www.wikimu.com
Selanjutnya...

Batu nisan paling aneh di muka bumi

Posted by Blogger Kesepian On 0 KOMENTAR
Bagi kita pribadi, mungkin tidak pernah terbayangkan, bagaimana bentuk kuburan tempat kita tertidur panjang nanti. Tapi bagi sebagian orang, kuburan merupakan suatu bentuk kreatifitas sendiri. Mungkin beberapa contoh foto kuburan unik dan lucu ini bisa memberi ide bagi anda, mau pesan kuburan seperti apa? hehe..
















Selanjutnya...

indahnya Air terjun yang membeku

Posted by Blogger Kesepian On 0 KOMENTAR
Segala fenomena alam yang ada di sekitar kita bisa menjadi suatu pelajaran bagi kita, betapa kecilnya kita di hadapan sang khalik, seluruh alam semesta dan jagad raya ini adalah miliknya..





Seperti pada fenomena ganjil berikut ini, pernahkah anda melihat sebuah air terjun membeku dan berhenti mengalir? ini adalah satu lagi bukti Kebesaran Allah SWT.. Mari kita simak Air Terjun Beku berikut ini. Air terjun yang membeku ini menjadi pusat wisata yang menarik karena anda serasa berada di bawah air terjun yang berhenti bergerak..

Air terjun yang berhenti bergerak tersebut sangat bagus dijadikan objek wisata, seperti yang bisa dilihat pada gambar dimana wanita itu mengabadikan foto nya di depan dari air terjun es itu.
Selanjutnya...

indahnya Air terjun yang membeku

Posted by Blogger Kesepian On 0 KOMENTAR
Segala fenomena alam yang ada di sekitar kita bisa menjadi suatu pelajaran bagi kita, betapa kecilnya kita di hadapan sang khalik, seluruh alam semesta dan jagad raya ini adalah miliknya..





Seperti pada fenomena ganjil berikut ini, pernahkah anda melihat sebuah air terjun membeku dan berhenti mengalir? ini adalah satu lagi bukti Kebesaran Allah SWT.. Mari kita simak Air Terjun Beku berikut ini. Air terjun yang membeku ini menjadi pusat wisata yang menarik karena anda serasa berada di bawah air terjun yang berhenti bergerak..

Air terjun yang berhenti bergerak tersebut sangat bagus dijadikan objek wisata, seperti yang bisa dilihat pada gambar dimana wanita itu mengabadikan foto nya di depan dari air terjun es itu.
Selanjutnya...

katak terbang di vietnam

Posted by Blogger Kesepian On 0 KOMENTAR
HANOI – Seorang ilmuwan asal Australia telah menemukan spesies katak yang tak biasa di wilayah selatan Vietnam.Katak terbang yang mirip kelelawar Vampir tersebut menggunakan selaput di jari-jarinya untuk meluncur di antara pucuk pepohonan. Demikian seperti yang dikutip dari ABC News, Kamis (6/1/2011).Nama ‘Vampir’ diambil karena kecebong dari katak tersebut memiliki taring yang berwarna hitam.



Dr. Jodi Rowley, ilmuwan dari Australian Museum, yang melakukan penemuan tersebut mengatakan bahwa baru pertama kali taring ditemukan pada kecebong.”Kami tidak tahu hal ini secara pasti. Oleh karena itu kita membutuhkan banyak waktu untuk menelitinya,” ujar Dr. Rowley.”Mungkin saja taring tersebut memiliki hubungan dengan apa yang mereka makan,” duga Dr. Rowley.”Katak jenis ini berkembang biak di genangan air kecil yang ditemukan pada batang pohon. Jadi mungkin saja mereka memakan sesuatu yang khusus di sana,” jelas Dr. Rowley.
Selanjutnya...

Inilah hewan-hewan yang baru ditemukan 1 tahun terakhir

Posted by Blogger Kesepian On 0 KOMENTAR
Setiap tahun spesies-spesies hewan baru ditemukan. Banyak di antaranya memiliki keunikan yang khas dan tak ditemukan sebelumnya.

Pada 2010, beberapa spesies menarik berhasil ditemukan oleh para ilmuwan. Ada yang bisa berpendar seperti lampu, ada yang melahap besi, ada pula yang mampu menghasilkan bahan yang lebih kuat dari kevlar. Berikut ini spesies-spesies unik 2010 yang berhasil dihimpun oleh situs LiveScience.

1. Jamur Bioluminescent




Jamur bercahaya ini ditemukan di habitat hutan Atlantic dan dikumpulkan di Sao Paulo Brazil. Jamur kecil ini berdiameter kurang dari 8 mm dengan diameter topi yang lebih kecil dari 2 cm.

Ia memiliki batang yang terlapis oleh gel, dan mampu memendarkan cahaya hijau kekuningan. Profesor Biologi dari San Francisco State University yang menemukan jamur ini, Dennis Desjardin menamakan spesies ini Mycena luxaeterna (cahaya abadi). Diperkirakan, ada sekitar 1,5 juta spesies jamur di bumi. Hanya 71 di antaranya yang merupakan jamur yang dapat berrcahaya.

2. Laba-laba Darwin's Bark Spider



Hewan ini berasal dari Madagaskar, dan dinamakan Caerostris darwini. Laba-laba ini terkenal dengan jaring buatannya yang begitu besar dan panjang serta kuat. Jaring laba-laba ini bisa merentang hingga 25 meter.

Salah satu contohnya, ia bisa merentang di atas sebuah sungai di Madagaskar dengan lebih dari 30 serangga yang terjebak di jaring tersebut. Tak cuma panjang, namun jaring laba-laba ini juga dua kali lebih kuat dari jaring laba-laba lain dan 10 kali lebih kuat dari bahan kevlar berukuran sama.

3. Bakteri Titanic


Ini adalah bakteri yang ditemukan oleh para ilmuwan dari Dalhousie University Kanada dan University of Sevilla Spanyol pada bangkai kapal RMS Titanic.

Bakteri dengan nama latin Halomonas titanicae itu mengkonsumsi besi dan baja, ditemukan melekat di permukaan sisa-sisa Titanic yang tenggelam di Samudra Atlantik.

4. Biawak Sierra Madre


Biasa disebut biawak tutul emas atau biawak Sierra Madre Forest, kadal raksasa ini ditemukan di hutan Sierra Madre di Pulau Luzon Filipina.

Biawak bernama latin Varanus bitatawa itu, memiliki bobot sekitar 10 kg dan panjang sekitar 2 meter, dan sehari-harinya menghabiskan waktunya di pepohonan dan memakan buah-buahan.

5. Lintah Tiran


Lintah ini ditemukan di Peru, pada selaput rongga hidung seseorang. Memiliki panjang 5 cm, hewan penghisap darah ini memiliki rahang tunggal dan gigi-gigi yang besar.

Ia dinamakan Tyrannobdella rex (artinya: raja lintah tiran). Setidaknya kini ada 700 spesies lintah yang telah diteliti. Diperkirakan masih ada lebih dari 10 ribu spesies lintah di dunia ini.

6. Jamur Bawah Air


Ilmuwan menemukan spesies anyar jamur yang mampu hidup di bawah air. Jamur yang diberi nama Psathyrella aquatica ini hidup di dalam sungai Rogue River Oregon Amerika Serikat. Ajaibnya, jamur ini memiliki insang dan mampu berbuah di dalam air.

7. Ikan Pancake Batfish


Ikan ini merupakan spesies yang terkena imbas dari bencana tumpahnya minyak di Teluk Meksiko tahun lalu. Menyandang nama latin Halieutichthys intermedius, ikan ini hidup di wilayah perairan dalam.

Dengan bentuk tubuhnya yang ceper seperti kue serabi, ikan ini memiliki gerakan yang aneh. Lebih mirip melompat dengan siripnya di sepanjang dasar laut, ketimbang berenang.
Selanjutnya...

Kura-kura kembar siam

Posted by Blogger Kesepian On 0 KOMENTAR

Dua ekor kura-kura aneh lahir dalam kondisi tak biasa, dempet. Cangkang bawah dua kura-kura itu saling menempel satu sama lain.

Kini, pemiliknya, Todd Ray sedang pusing, mencoba memutuskan nasib dua hewan itu, dipisah atau tetap dibiarkan menyatu.

Ray, yang diyakini memiliki koleksi hewan berkepala dua terbesar dunia mengaku ia mendapat kura-kura itu dari seorang pria asal Kalifornia. Pria tersebut khawatir karena binatang peliharaannya makin lama makin lesu dan tidak bisa bergerak.

"Aku mendapatkan telepon dari seorang anak yang tinggal dekat Compton, kakek anak tersebut memiliki kura-kura aneh yang bentuknya lucu," kata Todd Ray kepada the Huffington Post.



Kura-kura aneh tersebut memiliki dua kepala dan tubuh yang berdempet. Sang anak ingin menyelamatkan mereka. "Saya mengatakan padanya, untuk mengeringkan mereka, dan memberi hewan itu makanan, sebab, dikhawatirkan, dua kura-kura tersebut akan saling mencakar satu sama lain, tak menyadari bahwa mereka tak akan terpisah," kata Ray.

Meski sudah diberi petunjuk, pemiliknya masih tak merasa yakin apa yang harus dilakukan, ia khawatir peliharaannya justru bakal mati.

"Dua kura-kura itu tak bergerak, juga masih sangat kecil -- berumur sekitar enam minggu. Saat pertama aku melihatnya, mereka tak bergerak, aku menyentuh salah satu kakinya, tapi hewan itu menariknya kembali," tambah dia.

Dari sekian banyak koleksi hewan berkepala dua miliknya, Ray mengaku, untuk kali pertamanya ia menginginkan untuk memisah tubuh dua kura-kura tersebut. Padahal," aku sangat cinta binatang, seperti adanya saat mereka dilahirkan. Sekian lama aku melawan ide pemisahan tubuh binatang yang diciptakan menyatu," kata dia.

Tak seperti kasus serupa pada manusia, proses pemisahan binatang sangat langka. Bahkan sejumlah ahli hewan yang dimintai tanggapan, mengaku belum pernah mendengar prosedur operasi semacam itu.

Namun, Dr Douglas Folland mengatakan, prosedur pemisahan memungkinkan jika dua kura-kura tersebut hanya berdempetan di bagian kulit.

Yang perlu digarisbawahi, seperti yang terlihat dalam foto, dua kura-kura tersebut berbagi plastron atau cangkang bagian bawah. "Ini akan menjadi prosedur pemisahan yang sulit. Sebab, kedua hewan itu membutuhkan plastron -- sesuatu yang tak mungkin tumbuh kembali," kata dia.
Selanjutnya...